KARAKTERISTIK LEMBAGA

By ENDANG TRI ASTUTI S.Pd 26 Okt 2021, 11:14:49 WIB

Kegiatan Beyond Center and Cicle Times (BCCT)
Dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, kreatif, inovatif dan partisipatif Raudhatul Athfal AT-TAUFIQ Lakarsantri Surabaya ingin mengembangkan anak menjadi pribadi yang mandiri sesuai jati dirinya yaitu melalui pendekatan Beyond Center and Cicle Times (BCCT) atau model pembelajaran sentra, dimana kelompok anak dalam satu hari dapat bermain dalam satu sentra yang didalamnya berisi berbagai aktivitas permainan sebagai pemenuhan densitas main.
Sentra yang disiapkan RA AT-TAUFIQ antara lain : 
1.    Sentra ibadah : memfasilitasi dan membiasakan anak melaksanakan nilai – nilai Al-Qur’an Assunah dn Ahlu Sunnah Waljamaah dalam kehidupan sehari-hari dengan alat-alat permainan edukatif yang bernuansa agama.
         
2.    Sentra bahan alam : memfasilitasi anak dalam mengembangkan serta memperluan pengalaman main sensorik motorik untuk mengembangkan kesiapan menulis, ketrampilan berolah tangan dari menstimulasi sistem kerja otak.
 
3.    Seni Balok : memfasilitasi dan memperluas pengalaman dalam mewujudkan ide, gagasan serta pengalaman yang dimiliki anak menjadi sebuah karya nyata berupa bentuk-bentuk bangunan untuk membangun konsep diri.
          
4.    Sentra Persiapan : memfasilitasi anak untuk memperluas keaksaraan dan aturan – aturan yang diberklakukan dalan persiapan ketrampilan membaca, menulis, menghitung (calistung) melalui kegiatan bermain pada densitas densitas yang menyenangkan.

24
         
5.    Sentra main peran : memfasilitasi dan memberikan kesempatan kepada anak untuk menciptakan, memproyeksikan diri ke masa depan dan mengembangkan ketrampilan khayalan yang dilengkapi dengan sarana – sarana untuk mendukung perkembangan bermain anak.
         
6.    Sentra seni dan kreativitas : memfasilitasi anak untuk memperluas pengalaman seni  kreativitas dalam mewujudkan ide dan gagasan melalui multimetode dengan bermacam – macam bahan kreatif.

1.    Agama Islam. 
Tujuan : Menanamkan dan mengembangkan Aqidah, ibadah, dan baca tulis Al-Qur’an 
Bentuk kegiatan : 
Kegiatan yang dilaksanakan Pengenalan Baca tulis Alqur’an, hafalan surat- surat pendek, Hafalan Hadist, Pengenalan kisah nabi, Hafalan Asma’ul Husna, Hafalan do’a dan Niat- niat ibadah, Praktek ibadah dll.
Dalam mengaji Raudhatul Athfal AT-TAUFIQ Lakarsantri Surabaya menggunakan metode UMMI. Yaitu pembelajaran membaca menulis Al-Qur’an yang baik mampu menjamin mutu bahwa setiap anak usia Lulusan RA AT-TAUFIQ minimal bisa membaca Ummi 1-4 max Ummi 5-6. Supaya pada jenjang SD/ MI bisa membaca al-Qur’an dengan benar.
Konsep dasar Ummi yaitu 
1.    Ummi bermakna ibu
2.    Menghormati dan mengingat jasa ibu yang telah mengajarkan bahasa kepada kita
3.    Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan bahasa ibu
Ummi tidak mengandalkan kekuatan buku atau kitab yang dipegang anak tetapi lebih pada tiga kekuatan utama :
1.    Metode
2.    Mutu guru
3.    Sistem berbasis mutu
Tahapan-tahapan dalam pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi 
1.    Pembukaan
2.    Appersepsi
3.    Penanaman konsep
4.    Keterampilan 
5.    Evaluasi
6.    Penutup
Dengan menggunakan metode Ummi perkembangan mengaji anak RA AT-TAUFIQ berkembang begitu pesat. Hingga bisa menjadi juara tingkat wilayah Jawa Timur lomba Tahfid Al-Qur’an, dari tahun 2014-2017

D.    MUATAN LOKAL
Muatan Lokal KTSP Lembaga RA AT-TAUFIQ
1.    Komputer
Tujuan : 
a)    Sebagai wahana bagi peserta didik untuk mengenal teknologi sejak dini sesuai berkembangan zaman 
b)     Melatih anak didik agar terampil mengoperasikan komputer program awal.
Bentuk Kegiatan :
Kegiatan yang dilaksanakan berupa Ekstra komputer tiap hari rabu-jum’at sesuai jadwal yang sudah di programkan
2)    Bahasa Inggris
Tujuan :
a) Sebagai wahana bagi peserta didik untuk mengenal Bahasa Inggris sejak dini sesuai 
    berkembangan zaman 
b) Melatih anak didik agar mengenal banyak kosa kata program awal.

Bentuk Kegiatan :
Kegiatan yang dilaksanakan berupa Ekstra Bahasa Inggris tiap hari rabu-jum’at sesuai jadwal yang sudah di programkan
3.    Bahasa Arab
Tujuan :
a) Sebagai wahana bagi peserta didik untuk mengenal Bahasa Arab sejak dini sesuai 
    berkembangan zaman 
b) Melatih anak didik agar mengenal banyak kosa kata  program awal.
Bentuk Kegiatan :
Kegiatan yang dilaksanakan berupa Ekstra Bahasa Arab tiap hari rabu-jum’at sesuai jadwal yang sudah di programkan